Sabtu, 21 September 2019

Potensi Pemanfaatan Terpenoid untuk Makhluk Hidup



Seperti telah dibahas pada blog sebelumnya, bahwa terpenoid adalah Salah satu kelompok senyawa metabolit sekunder yang terbesar dan ditemukan banyak pada tumbuhan. Obat-obatan tradisional dari tumbuhan yang sering kita gunakan mengandung senyawa kimia yang merupakan hasil dari metabolisme tumbuhan itu. Senyawa kimia yang terkandung dalam obat tradisional tersebut adalah terpenoid.
Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas lebih jauh tentang terpenoid yaitu tentang potensi pemanfaatan terpenoid untuk makhluk hidup baik itu tumbuhan, hewan, ataupun manusia. Banyak sekali manfaat terpenoid yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari makhluk hidup, diantaranya akan saya uraikan di bawah ini.

Bidang industri
Pada bidang industri, terpenoid banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan parfum, pewangi, kosmetik. Hal ini dikarenakan senyawa terpenoid ini memiliki bau yang khas. Salah satu golongan dari senyawa terpenoid yang sering digunakan sebagai bahan pembuat parfum karena mempunyai aroma yang khas adalah golongan monoterpen. Selain itu, ada juga senyawa terpenoid yang digunakan sebagai zat adiktif pada makanan ataupun minum seperti menthol.
Gambar struktur menthol

Selain digunakan sebagai bahan pembuat parfum dan zat aditif, senyawa terpenoid ini juga digunakan sebagai pestisida alami yaitu farnesol yang termasuk terpenoid golongan seskuiterpen. Senyawa terpenoid ini juga dapat digunakan dalam pembuatan obat nyamuk yang menggunkan terpenoid dalam bentuk geraniol yang merupakan terpenoid golongan monoterpen. 
Gambar struktur geraniol

Bidang Kesehatan
Selain memiliki manfaat dibidang industri, banyak juga senyawa golongan terpenoid ini yang memiliki manfaat dan dapat digunakan di dalam bidang kesehatan. Senyawa terpenoid ini dibidang kesehatan dapat digunakan sebagai anestesi lokal yang dapat menggunakan senyawa terpeneoid menthol. Beberapa senyawa dari terpenoid juga dapat digunakan sebagai antiseptik. Hal ini dikarenakan senyawa terpenoid ini memiliki sifat yang aktif terhdap jamur ataupun bakteri.

Senyawa terpenoid selain digunakan untuk kepentingan yang lain, senyawa terpenoid ini juga memiliki manfaat bagi penghasil terpenoid itu sendiri, seperti hormon giberelin yan terdapat pada tumbuhan. Seperti kita tahu bahwa, senyawa terpenoid ini banyak sekali terdapat pada tumbuhan. Salahsatu contoh senyawa terpeneoid yang ada pada tumbuhan adalah giberelin yang merupakan senyawa terpenoid golongan diterpena dengan struktur yang tersusun atas 4 isoprena. Giberelin ini mempunya manfaat tersendiri bagi tumbuhan yang memproduksinya seperti dapat mempercepat biji yang sedang atau akan berkecambah, dapat memacu batang untuk tumbuh.
Gambar struktur giberelin

Permasalahan
1.      Dari berbagai jenis senyawa bahan alam yang ditemuka, mengapa senyawa terpenoid yang digunakan sebagai sebagian besar bahan utama pembuat parfum, pewangi, dan kosmetik?
2.      Berdasrkan jumlah pengulangan isoprennya, terpenoid dibedakan menjadi beberapa golongan. Adakah kegunaan khusus yang menbedakan antara golongan yang satu dengan golongan yang lain?
3.      Hormon giberelin merupakan senyawa terpenoid yang berguna bagi tumbuhan itu sendiri untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Lalu bagaimana dengan tumbuhan yang tidak memiliki hormon giberelin, apakah tumbuhan itu tidak dapat mengalami pertumbuhan dan perkembangan?

3 komentar:

  1. Saya akan mencoba menjawab permasalahan nomor 1. Terpenoid digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan parfum, pewangi dan kosmetik dapat kita tinjau dari sifat terpenoid itu sendiri yaitu memiliki bau yang khas. Dengan bau yang khas dimiliki oleh senyawa terpenoid itu maka manusia memanfaatkannya ke dalam bidang industri. Biasanya senyawa terpenoid yang tergolong dalam pembuatan parfum tersebut yaitu monoterpenoid.

    BalasHapus
  2. Hallo yuli
    Saya Akan mencoba menjawab permasalahan yang nomor 2. Menurut saya Ada kegunaan khusus yang digunakan pada setiap golongan terpenoid ini, contohnya seperti monoterpen, nah monoterpen ini mengandung minyak atsiri yang berfungsi sebagai pengharum atau pewangi
    Semoga membantu

    BalasHapus
  3. Hai Yuli,saya akan membantu menjawab permasalahan no 3.Menurut saya tanaman yang tidak memiliki hormon giberelin tidak akan dapat tumbuh dan berkembang dikarenkan seperti yang telah anda jelaskan di atas adalah hormon giberelin mempercepat biji yang sedang atau akan berkecambah, dan dapat memacu batang untuk tumbuh.Nah jika tanaman tidak mempunyai hormon giberelin dapat dikatakan bahwa tanaman tersebut tidak akan tumbuh dan berkembang pula

    BalasHapus