Kamis, 22 Agustus 2019

ETNOBOTANI


ETNOBOTANI
Salah satu ilmu botani yang membahas tentang masyarakat yang memanfaatkan tanaman dalam keperluan sehari-hari disebut dengan etnobotani. Pemanfaatan tanaman ini bisa saja berkaitan dengan produksi, ekonomi, budaya, adat istiadat, seni, fashion, ataupun sebagai obat herbal.
Hasil dari pemanfaatan tanaman itu, banyak sekali kita jumpai dikehidupan sehari-hari, terutama beberapa benda di sekitar kita.

TAS ROTAN


Rotan adalah salah satu tanaman yang banyak dijumpai, terutama dihutan hujan tropis seperti di Indonesia. Melimpahnya rotan dibeberapa hutan sangat disayangkan apabila tidak dimanfaatkan dengan baik dan benar. Rotan yang dibiarkan terlalu lama tanpa dimanfaatkan sedemikian rupa, lama kelamaan akan lapuk, pecah-pecah, dan jaringan luar kulitnya akan terkelupas. Hal ini disebabkan karena jaringan epidermis pada rotan mengandung kristal silika. Rotan sendiri memiliki beberapa kandungan senyawa kimia didalamnya, seperti lignin, silika, selulosa, dan holoselulosa. Batang rotan yang kuat disebabkan oleh adanya kandungan lignin yang tinggi. Hal ini dikarenakan lignin memiliki berat molekul yang tinggi. Kekuatan tarik pada batang rotan dipengaruhi oleh adanya selulosa pada batang rotan. Salah satu pemanfaatan rotan ini adalah dalam bentuk tas rotan yang sedang tren dikalangan anak muda. Tas rotan ini merupakan salah contoh pemanfaatan tanaman dikalangan masyarakat yang berkaitan dengan produksi dan fashion. Dengan memproduksi tas rotan, biaya produksi dapat diminimkan dikarenakan banyaknya rotan yang ada dihutan. Disamping itu, manfaatnya bagi masyarakat sekitar adalah terciptanya lapangan pekerjaan dan digunakan juga untuk fashion tren pada masa sekarang.

Permasalahan
1.      Jelaskan bagaimana etnobotani pertama kali ditemukan!
2.      Sebutkan dan jelaskan contoh pemanfaatan etnobotani dibidang kesehatan!
3.      Apa yang menyebabkan kekuatan dan kelenturan yang dimiliki oleh batang rotan?

3 komentar:

  1. Hai Yuli...
    Perkenalkan saya Sulviana Putri dengan NIM A1C117074 ingin mencoba menjawab permasalahan nomor 3.
    Kekuatan yang dimiliki oleh batang rotan ini disebabkan karena tingginya kandungan lignin yang ada. Lalu kelenturan dari batang rotan dikarenakan terdapatnya senyawa selulosa yang ada pada batang rotan. Sehingga, batang rotan ini baik untuk dijadikan bahan baku pembuatan benda yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari kita, dan juga tergolong tahan lama untuk digunakan. Terimakasih :)

    BalasHapus
  2. Nama saya Niken Ayu Hestiantari (033) saya akan menjawab pertanyaan nomor 2.
    Contoh pemanfaatan etnobotani di bidang kesehatan misalnya kunyit, dimana kunyit tersebut dapat berfungsi sebagai obat pereda nyeri pada saat menstruasi. Kunyit dapat meredakan nyeri karena didalam nya terdapat senyawa fenolik dan juga curcumin. Thnk u :)

    BalasHapus
  3. Saya Muhammad Rifky Saifuddin
    NIM : A1C117080
    Saya akan membantu menjawab pertanyaan nomor 1
    Sejarah penemuan etnobotani diawali oleh peneliti botani yang meneliti tentang bagaimana suatu tumbuhan dapat digunakan oleh masyarakat setempat. Masyarakat memikirkan bagaimana suatu tanaman dapat dijadikan sebagai tempat berlindung atau rumah, bahan obat-obatan, pakaian, sebagai alat perburuan dan dapat pula digunakan dalam upacara adat. Salah satu penggunaan hasil alam yang mempunya sejarah cukup panjang yaitu penggunaannya sebagai obat-obatan. Penemuan manfaat obat dari tanaman diduga dimulai dengan penemuan secara tidak sengaja saat manusia mencari bahan alam untuk makanan. Sifat racun suatu tanaman atau bagian tanaman yang ditemui pada akhirnya malah dapat digunakan dalam proses pengobatan.

    BalasHapus