Jumat, 30 Agustus 2019

Biosintesis Metabolit Primer dan Sekunder


 
Biosintesis diartikan sebagai suatu proses yang terjadi pada organisme hidup dimana terjadi pembentukan produk dari metabolisme atau metabolit yang berasal dari molekul yang sederhana menjadi molekul yang kompleks.

Metabolisme sendiri diartikan sebagai segala proses penguraian ataupun pembentukan zat yang terjadi di dalam sel makhluk hidup baik itu makhluk bersel satu maupun makhluk yang susunan tubuhnya sangat kompleks dengan disertai perubahan energi. Metablolisme sediri terbagi menjadi metabolisme primer dan metabolisme sekunder. Metabolisme primer akan membentuk produk yang dinamakan dengan metabolit primer. Sedangkan metabolit sekunder akan membentuk produk yang dinamakan dengan metabolit sekunder.


1.      Metabolit Primer
Metabolit primer merupakan produk akhir atau antara dari proses metabolisme primer yang terjadi pada makhluk hidup dan terbentuk secara intraseluler. Fungsi dari metabolit primer ini sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup tersebut. Beberapa contoh dari metabolit primer adalah karbohidrat, lemak, protein, DNA, asam amino. Metabolit primer ini umumnya tidak diproduksi secara berlebihan karena dapat menghambat pertumbuhan bahkan mematikan bagi sebagian besar mikroorganisme.
Karakteristik metabolit primer:
a)      Produk hasil dari metabolisme primer
b)  Fungsinya jelas dan sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup yang menghasilkannya
c)      Tidak memiliki sifat khusus karena terdapat hampir pada semua makhluk hidup
d)     Berkaitan dengan pertumbuhan makhluk hidup yang menghasilkannya
e)      Terbentuk secara intraseluler
f)       Berada didalam sel
g)      Memiliki berat molekul tinggi

Biosintesis Metabolit Primer
1)   Biosintesis Karbohidrat
Monosakarida dihasilkan melalui proses fotosintesis pada tumbuhan yang mengandung klorofil. Berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan berklorofil ini terbagi menjadi dua golongan reaksi yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.
2)   Biosintesis Lipid
Dua komplek enzim plus ATP, NADPH2, Mn2+, dan karbon dioksida terlibat dalam mengikuti sederer reaksi ketika biosintesis asam lemak berjalan.
3)   Biosintesis Asam Amino dan Protein
Asam amino merupakan komponen utama penyusun dari protein. Asama amino sendiri terdiri dari asam amino esensial yang tidak dapat disintesis oleh tubuh dan asam amino non esensial yang dapat disintesis oleh tubuh.

2.      Metabolit Sekunder
Metabolit sekunder merupakan produk akhir atau produk antara dari proses metabolit sekunder.  Metabolit sekunder ini bukan merupakan kebutuhan pokok bagi makhluk hidup yang menghasilkannya. Dengan kata lain, metabolit sekunder ini merupakan hasil yang tidak begitu penting bagi makhluk hidup dan tidak berkaitan dengan proses pertumbuhan makhuk hidupnya. Berbeda dengan metabolit primer yang hampir ditemukan pada semua makhluk hidup, metabolit sekunder ini hanya dijumpai pada satu spesies atau kelompok makhluk hdiup saja. Metabolit sekunder juga merupakan hasil samping dari metabolisme primer.
Karakteristik metabolit sekunder:
a)      Produk hasil metabolisme sekunder atau produk samping metabolisme primer
b)      Hanya terdapat pada beberapa spesies makhluk hidup
c)      Tidak berkaitan dengan makhluk hidup penghasilnya
d)     Merupakan suatu bentuk  untuk pertahanan diri

Biosintesis Metabolit Sekunder
Biosintesis yang tejadi pada metabolit sekunder sangat bermacam-macam yang tergantung pada senyawa yang berkaitan. Umumnya, terdapat tiga jalur yang dilewati dalam proses biosintesis metabolit sekunder seperti jalur asam asetat, jalur asam sikimat, dan jalur asam mevalonat.

Permasalahan
1.      Dikatakan bahwa metabolit sekunder merupakan proses yang tidak esensial bagi kehidupan organisme. Lalu jika tidak esensial, mengapa masih diperlukan adanya metabolit sekunder?
2.      Jelaskan dengan bahasa Anda perbedaan antara metabolit primer dan sekunder!
3.      Salah satu contoh dari metabolit primer adalah karbohidrat. Jelaskan secara singkat biosintesis karbohidrat!

3 komentar:

  1. Hai Yuli
    Saya Enung Sundari
    Nim A1C117056

    Akan mencoba menjawab pertanyaan no.2 dimana perbedaan metabolit sekunder dan metabolit primer. Metabolit primer berperan langsung dalam proses pertumbuhan, perkembangan, dan perkembangbiakan makhluk hidup sedangkan metabolit sekunder berperan dalam fungsi ekologis makhluk hidup seperti daya tahan makhluk hidup terhadap makhluk hidup lain.

    BalasHapus
  2. Selamat malam
    Saya Hr. Yuniarccih dengan NIM RSA1C117001
    saya akan mencoba menjawab pertanyaan saudari Yuli yang no. 1
    Metabolit sekunder diperlukan karena metabolit sekunder dapat menghasilkan senyawa tidak essensial.
    Senyawa tidak essensial ini digunakan untuk pertahanan diri dari lingkungan. Contohnya seperti penyakit
    Salah satu contoh senyawa tidak essensial seperti quinon, flavonoid yang dimanfaatkan sebagai obat
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. saya Agustri manda sari (A1C117035) akan mencoba menjawab pertanyaan nomor 3 yang mana biosintesis karbohidrat adalah ada dua biosintesis karbohidrat yaitu biosintesis monosakarida dan sukrosa yang mana biosintesis sukrosa merupakan produk tanaman yang terbentuk dari proses fotosintesis dan merupakan bahan transfor utama. biosintesis monosakarida dibentuk dalam proses fotosintesis yang mengubah energi elektromagenetik menjadi energi kimiawi.

    BalasHapus